Senin, 07 Agustus 2017

Dimana Saya Bisa Mengetahui Harga Komoditas Pertanian Secara Online??

Masyarakat yang sehari-seharinya bebelanja komoditas petanian untuk memenuhi kebutuhan hidup pasti sering penasaran dengan harga komoditas pertanian sebelum mereka pergi berbelanja, tapi kebanyakan tidak tahu harus bertanya dan mendapatkan informasi tersebut dari mana. Kementrian Pertanian memiliki website khusus untuk harga komoditas pertanian (pangan, sayur, buah, kebun, ternak) harian, mingguan dan bulanan per kabupaten. Bagaimana cara mengaksesnya? Ikuti tutorial singkat berikut :

1. Masuk ke link http://aplikasi.pertanian.go.id/smshargakab/default1.asp akan muncul tampilan sebagai berikut :

  2. Pilih menu "Provinsi" pada menu bar tengah atas tampilan website. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

3. Pilih menu sesuai informasi yang kalian inginkan. Misalkan kalian ingin mengetahui harga untuk hari ini maka pilih menu "Harian" kemudian pilih provinsi, pada pilihan "Laporan" silahkan pilih harga komoditas apa yang ingin kalian ketahui lalu klik "Lanjut". Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
4. Setelah pilihan "Lanjut" diklik maka informasi akan tersaji sebagai berikut :
Harga yang tersaji adalah hasil dari entri Dinas Pertanian masing-masing kabupaten. Jika di hari kalian ingin mengetahui harga belum ada data yang tersedia, kalian bisa cek harga di hari sebelumnya, biasanya masih belum berbeda jauh. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar